Bidadari Surga di kampus biru… (Sumpah Bukan Gue yang Tulis)


Bidadari Surga di kampus biru…
oleh: metalyogi_ui@yahoo.com (08567316044)

Tulisan ini bukan tulisan gue. ini tulisan curhatan temen LIA gue, Yogi, yang sangat menyentuh (walaupun gue bacanya ampe ketawa setengah mampus) baca lah, kirim belasungkawa kepada Yogi. Hahahahaha


* * * * * * * * *

Kususun serangkai nada walau sederhana
Kutulis sebaris kata walaupun biasa
Terlantun bagimu nona
Yang mengusik jiwa…
Aku ingin mencintaimu dgn sederhana…
Seperti kata yg tak sempat diucapkan kayu kepada api,
Hingga menjadikannya abu…
Layaknya untaian kata yang tak mungkin dilantunkan
Awan kepada hujan,
Hingga membuatnya tiada…

“My first love”

Semuanya berawal sekitar awal September 4 tahun yg lalu. Saat itu hari pertama aku menjadi mahasiswa Teknik disalah satu PTN paling terkenal di Indonesia. Seperti layaknya mahasiswa baru aku mengikuti serangkaian kegiatan dikampus, yah semacam ospek lah… Senja hari yg cerah, seluruh maba dari semua jurusan dikumpulkan disebuah lapangan rumput.

lalu tiba2……………….

Oh God, Cantik bgt!!! Seorang bidadari surga tampak tersenyum dari kejauhan, sungguh ga tau kenapa “she looks so different” dear God, I’ve falling in love with her!!! Ia sangat cantik mengenakan kaos merah cerah, jeans biru dan tas coklat muda yg serasi dgn senyumnya yg sederhana, rambutnya yg hitam panjang tergerai oleh angin nan sejuk, kulitnya putih bersih layaknya awan yg dihias mentari senja… damned! What happen with me? I’ve never feel like this before…

Yah… meski kejadian itu hanya beberapa detik saja, namun ternyata masih membekas deep in my heart until now January 1st 2006. Sudah beberapa kali aku pernah jatuh cinta, but not this time! Ia satu2nya cewe yg bisa membuatku merasa cerah n semangat,,, rasanya pingin bgt ngobrol berdua-an gitu, tapi aku ga berani, takut nanti dia tahu klo aku tuh orangnya ga asik…

Kesal, marah, bingung, sakit hati, semua campur aduk! Saat kupandang fotonya “with him” diFriendster! Hari ini aku sadar, maybe her beautiful smile is not for me… people say that I’m not good for u. I hate people but it was right!

Aku ingin mengajaknya pergi berdua boncengan naik motor kehujanan lalu berteduh sambil makan sekuteng. Aku ingin meminjamkan buku kesayanganku padanya. Aku ingin berjalan menelusuri malam bergandengan tangan, melindunginya dari preman jalanan.

Aku bertemu dengannya diLobby Teknik usai kuliah dan pergi begitu saja tanpa pernah berbicara sepatah katapun padanya…

Pencuri…….!!!

Suatu pagi, seperti biasanya aku slalu sendirian diujung kantin teknik ditemani buku, sarapan pagi, sambil menunggu waktu kuliah jam8 teng! Lalu tiba2, (dia datang lagi) seorang pencuri berkedok gadis cantik putih bersih citra-white rambut panjang gadis sunsilk yg tersapu angin sejuk lewat begitu saja disampingku tanpa pernah menoleh sedikitpun. Gila, cantik2 tapi orangnya jahat banget. aku ga nyangka kalo ternyata dia itu seorang pencuri. Secara terang2 dia tlah mencuri hatiku! Kini jiwaku kosong karenanya…

Sebenarnya, aku tahu siapa gerangan pencuri itu
Namun aku ga berani, apalah daya aku hanyalah orang kecil, aku tak punya bukti yg cukup kuat untuk menjebloskannya ke penjara hatiku yg terdalam seumur hidup. Salah2 nanti malah dia menuntut balik atas tuduhan pencemaran nama baik dan cantik. Huh dasar!! Siapa suruh dikau cantik???

Kini, dimalam yg gelap pekat, mata ini tak dapat terpejam terus memikirkan bagaimana cara menemukan hatiku yg hilang itu?

Kata orang, dunia itu indah..
Namun ternyata, bagiku dunia itu hanyalah sesosok pelangi senja yg terlihat indah karena warna-warni nya. Tak mungkin jadi nyata. Sebab, ia hanyalah cahaya yg terbias air hujan. Tak bisa disentuh!

I let the stream of life brought me sailing this life
Ignoring the place called “love”.
I had no idea what love was until you came to my circle of life…
I know that you belong to some one else, he is a friend of mine.

So nice when I tried to stop in a place called “love” in journey of my life,
I had to face a “single handed” love.
But, all I ask is let me feel my first visiting in the place called “love”
By loving you…!

Everytime i see you falling in love i get down on my knees and pray
Waiting for the final moment you say the words that i can’t say…

Disini hujan turun dengan derasnya, disudut perpustakaan teknik aku pun termenung diantara orang-orang yg mungkin ingin meminjam buku atau hanya sekedar belajar bersama teman2 mereka pikirku. Yah saat ini aku merasa sendiri, sepi. Yg kutau, setiap aku didekatnya, setiap aku melihatnya Terasa jantungku berdebar kencang Hatiku deg2an, aku tak tau apa itu namanya… Aku sebenarnya ingin slalu berada didekatnya Tapi tak tau aku harus bagaimana? ia sudah punya yg lain…

Saat aku berada di keramaian diantara orang2 yg lalu lalang Aku merasa sepi, aku merasa sendiri Karena jiwaku tak ada disini Saat matahari bersinar terik Aku tak melihat bayanganku ada disana Yg kulihat hanya bayangan dirinya!

Mengapa ia tega mencuri hatiku Namun ia berikan senyuman manis itu kpd yg lain? Kosong! Hanya itu yg kurasa Bila kesombongan mengalahkan kata hati Bila semua ini hanyalah dusta ia sudah punya yg lain…

Plok, seseorang menepuk pundakku. Sontak akupun terkaget!!! Oh, ternyata Helmizar sahabatku. Kirain siapa?

Helmizar: “Sudahlah gi, janganlah terperdaya oleh sesuatu yg haram. Bisa2 kamu nanti
terjerumus musyrik loh !? ingat, Laailaahailallah,,, tiada ilah (hati) selain ALLAH.
jangan biarkan sesuatu melebihi cintamu kepada ALLAH.”

Yogi : “Eh elu Zar, kirain orang hehehe… iya yah, thank’s udah ngingetin.” =)

Helmizar: “Pacaran itu haram, karena menjerumus kepada kemaksiatan
[Qs: 17/32] Kaya si Beni tuh contoh nyatanya langsung nikah and ga pake pacaran
segala, semenjak nikah dia rezekinya nambah banyak and lebih fresh khan? Lagian
belum tentu si dia baik buatmu, masih banyak kok cewe lain yg lebih hebat
darinya…. kenapa kamu ga jadikan si dia halal aja? “

Yogi: (hah ?? waduh ?? eng… ??) “Betul juga ya? Ya udah deh, mulai detik ini aku ga mau
pacaran ah. Aku mau fokus kuliah aja. Ntar abis lulus, trus kerja dapet gaji GUEDE,
abis itu langsung nikah aja ah… entahlah sama siapa, jodoh ditangan tuhan kan?
Smoga jodoh ku anak kedokteran yg cantik hehehe…“

Helmizar: “Nah gitu dong!!! Ayo SEMANGAT!!! Mana yogi yg dulu yg terkenal always full
energi… nah gitu, senyum dong…”

Zgerrrrr….. GLUDUK……..ZLEGERRR…… petir bersahut-sahutan diluar sana menyambut hangat hujan yg turun dengan derasnya sedari tadi.

Aku hanyalah seekor semut kecil yg tak mungkin terlihat oleh matamu yang indah, ingin rasanya seperti belalang melompat riang diantara rimbunan ilalang hijau tuk sekedar mengintip sedang apakah dia disana?

Aku hanyalah pria sederhana yg bermimpi seorang bidadari surga menggetarkan derik sayap sang belalang, bagaikan sebutir pasir dipantai yg tiada bernilai dihatinya walau sejenak…

Indahnya dirimu kan slalu menjadi mutiara yg bersinar terang dilubuk hatiku yg paling dalam tanpa seorangpun boleh menyentuhnya…

Bagiku, melihat engkau tersenyum manis itu sudah cukup!

Waktu berlalu begitu cepatnya, 5 tahun kemudian………

Fyiuhhh… berjalan-jalan naik “belalang tempur biru” keliling kota sore-sore hujan-hujanan begini dingin sekali. Tak terasa, benar2 ga nyangka… Pak Morioka penyandang sabuk hitam KARATE DAN IV, direktur sebuah perusahaan Jepang terkenal di Indonesia, sekaligus bos kakakku yg asli terkenal disiplin itu loh, ternyata menerimaku menjadi manager Quality Control produk baru… Wah…hehehe… Alhamdulillah… special thanks to my sister nih. Berkat memo dari kakakku akhirnya AKU JADI MANAGER!!! Cihuy !!!

Keesokan harinya………

Asyik, hari ini ialah hari pertama aku diberi amanah menjadi manager Quality Control. Pulang kerja sore2 begini kemana ya? Kekantor kakakku dulu pingin cerita2 ah…

Lalu sesampainya didepan kantor kakakku…………

Eh, siapa itu? Kok sepertinya aku kenal? Ah masa sih? Oh my God !!! deg…deg…deg… gak salah lagi, that’s her! My beautiful angel !!! kok bidadari surga di kampus biru juga ada di kantor kakakku sih, mau ngapain dia? Huh!!! Kok aku salah tingkah gini sih? Hare gene masi grogi aja. Hayo, kalo bukan sekarang kapan lagi. Hayo yogi kau harus berani (……….)

Dialog…

Yogi : “Hai, masi inget aku khan. Temen kamu di Teknik UI”

Bidadari surga: “Hmm… iya, pa kabar gie…” (duh…gue inget sekarang oh si yogi, ya..ya.. anak metal culun yg suka sama gue waktu jaman2 kuliah dulu, tapi ga pernah berani ngobrol sama gue itu hahaha…)

Yogi : Aku ingin engkau menjadi yg halal bagiku, yg kan ku kecup keningnya. Yg kan slalu hadir kapanpun disaat kau membutuhkanku, yg kan slalu melindungimu dari preman jalanan, yg kan slalu menemanimu dgn “belalang tempur biru” kesayanganku kemanapun engkau pergi. JUST BECAUSE ALLAH!!! (waduh ??! sekalinya berani ngobrol eh kok yg keluar malah kata2 kaya gini sih, bodohnya diriku ini….ahhh.. gawat2 nih)

Bidadari surga: Loh?? (nih anak apa2an seh ?? baru aja ktemuan kok tau2 ngomong gitu ??) Terima kasih, so sweet… tapi apa alasanlo ngomong gitu?

Yogi : Karna ALLAH itu Maha indah, dan ALLAH menyenangi sesuatu yg indah2. Aku mencintai ALLAH, dan akupun menyukai yg ALLAH senangi. Bagiku, engkau ialah sang bidadari surga terindah yg diberikan-Nya untukku didunia ini. (ya sudahlah kepalang tanggung, terlanjur basah ya sudah nyebur sekalian deh…)
Tapi…

Bidadari surga: Tapi apa? (masih kaget dan bingung, nih anak maunya apa sih ??)

Yogi : Engkau berpakaian seksi.

Bidadari surga: So what gituloh?! (yeee… suka2 gue dong) Lagian peduli amat itu urusan gue, apa hak lo ?

Yogi : Klo cewe jelek berpakaian seksi mah masa bodo amat cowo2 gak akan peduli bagiku hal itu bukan lah suatu masalah besar.
Tapi…

Bidadari surga: (hmm… hihihi… lucu juga, jadi penasaran) Trus, apa hubungannya sama gue?

Yogi : Engkau ialah bidadari surga yg dgn sgala keindahan yg melekat didirimu akan mengundang setiap mata lelaki tuk melirik kearahmu.
Astagfirullah… (hiks..hiks..hiks.. tiba2 menangis, menitikkan air mata. Sebenarnya sih, aku nangis karna kok arah pembicaraannya jadi ngaco gini seh, somebody please help me…)

Bidadari surga: loh2.. kok kamu tiba2 menangis sesenggukan begitu?? (terharu)

Yogi : (hah, “kamu” ? dlm hatiku bertanya, kok bkn “elo” ?)
Sungguh aku takut engkau menjadi sasaran fitnah. Jika seorang bidadari surga berpakaian seksi bertaburan aurat, pastinya akan MEMANCING tiap LELAKI untuk berMAKSIAT dan membuat ALLAH MURKA.
Sungguh, aku ingin melindungimu dari murka-Nya…

Bidadari surga: Oh, yogi….

Yogi : Duhai bidadari surgaku… aku ingin engkau menjadi yg halal bagiku, yg kan ku kecup keningnya. Yg kan membimbingmu menjadi wanita sholehah (rajin sholat, berpakaian sopan, inner beauty) atas dasar kesadaran sendiri bukan karna paksaan dariku melainkan semata-mata kerana ALLAH. Aku JANJI tdk akan pernah memaksamu, namun aku akan melakukannya perlahan penuh kelembutan dan kasih sayang seperti yg Rasulullah Muhammad SAW lakukan.

Bidadari surga: (diam 1000 bahasa, tercenung…)

Yogi : (diam 1001 bahasa, bingung ga tau musti ngapain ???)

Tiba2… Tinn…Tiiiinnn… (bunyi klakson mengagetkan kami berdua)

Bidadari surga: (tau2, berubah jadi galak bin judes)
Idiiii….hhh syapa lo GR bgt udah yakin gitu gue mau jadi istri lo. Heh anak culun Ngaca dong! Lo liat sendiri khan, gue udah punya cowo yg bodinya atletis pengacara terkenal pula yg bisa ngelindungin gue dari preman jalanan bahkan juga kemungkinan ketidakadilan hukum di negri ini. Cowo gue tajir, always jemput gue pulang/ pergi pake mobil. Denger tuh MOBIL bukan “belalang tempur” ha…ha…ha… lo tuh ga ada apa2nya dibanding dia tau ga?
LO PUNYA APA HAH ???

Yogi : ALLAH

Bidadari surga: Deg..deg..deg… (tersentak kaget)

Yogi : Ya! Aku punya ALLAH yg MAHA ADIL, hakim dari segala sumber hukum yg MAHA KUAT dan MAHA KAYA…
Cukup bagiku ALLAH sbg penjamin kebahagiaan dunia dan akhirat.

Bidadari surga: yogi… (berlinang air mata)

Yogi : ya, ada apa?

Bidadari surga: mulai saat ini, saya ga akan pernah pake pakaian seksi lagi… saya akan berusaha jadi bidadari surga sholehah seperti impian yogi… (lalu pergi meninggalkanku begitu saja, menemui sang pengacara terkenal yg sedari tadi asyik memainkan klakson menunggu bidadari surgaku di mobil sedan mewah itu…)

Perlahan tapi pasti, mobil itu mulai menjauh pergi meninggalkanku sendirian. Hingga dari kejauhan kulihat sedan mewah itu berhenti sejenak di lampu merah persimpangan antara 2 jalan. Arah kanan MASJID, arah kiri CENTRO tempat dugem-clubbing…

Ya ALLAH, arah manakah yg kan ditempuh bidadari surgaku ini?
Tunjukkanlah ia jalan yg lurus, jalan yg kau ridhoi… [QS: 1/6]

“““““““To be continue“““““““

Karena inginku tulus seputih awan

Mengapa putihnya awan slalu dihias dgn langit biru yg cerah?
Tak pernah kulihat awan putih yg hidup dilangit gelap
Ataupun awan hitam yg menggantung diatap langit biru…

Karena inginku tulus seputih awan
Secerah birunya langit dipagi hari
Setelah hujan lebat mengguyur semalaman…

Syair lagu ini terlambat datang
Tak berguna layaknya sehelai kertas koran bekas
Yang tersapu angin sejuk dipagi hari…

Iklan

6 comments

  1. sari · Mei 16, 2009

    sungguh mengharukan….
    tapi kasihan juga ya si yogi….
    semoga oneday Allah swt memberikan jodoh yang baik dan sholehah untuknya…amiin 🙂

  2. anak teknik ui · Juni 8, 2009

    Semoga yogi mendapat jodoh anak FKUI yg cantik smart putih bersih rambutnya hitam panjang gadis sunsilk sholehah kayaraya baik hati dan tidak sombong…

    • Ekky B. Pramana · Juni 8, 2009

      amiin amiin, biar yogi cepet dapt jodoh itu… umur siap kawin, pacar pun tak punya… hahaahaa

  3. melvie · Agustus 1, 2009

    bidadari surga…
    Moga kalian bertemu kembali,moga menghasilkan buah hati yang menjadi mujahid.
    bidadari surga…
    kalianlah penerus khadijah

  4. Anonim · Mei 2, 2010

    Mudahan z lo! Dpt ce xg lbh dari ce yg loe crit’en thdy! Amin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s