Fool-o-shopy: Sinterklaas VS Santa Claus


yoow, hari ini tanggal 24 Desember, berarti malam natal. berhubung gue adalah muslim disini jadi gue nggak ada acara masang2 pohon natal (meskipun di depan rumah gue pohon cemara semua) dan hari ini rencananya gue mau ke Lampung tapi entah kenapa sepertinya nggak jadi. ya sudah lah.

hari ini gue mau buka sesi “fool-o-shopy” untuk yang ketiga kalinya. wah, berhubung lagi suasana natal, bahasannya agak2 nyeleneh yaitu:

APAKAH SINTERKLAAS DAN SANTA CLAUS ITU BERBEDA?

pembahasan kali ini agak penting karena melihat banyak orang yang berbeda pendapat kalau sinterklaas dan santa claus itu sama, atau berbeda. kata teman saya Michael Ayub Garuntolo itu, yang notabene seorang katolik dan ahli sejarah, bilang begini:

Bacaan sesat dari mana lagi nih. eh, Bang, gue ksh tau ya, Mereka berDua, sinterklaas dan santa claus itu sama, cuma karna perbedaan bahasa aja penyebutannya jadi beda, kaya Muhammad dan Mochammad, Matthews dan Matius, Jesus dan Isa. Santa Claus itu sebetulnya betul2 ada atau nggak? masih misteri, sama kaya UFO !” – dikutip langsung dari komentar status gue di Facebook.

inilah orangnya, maaf untuk yang menderita serangan jantung mukanya nggak sempet di sensor.

jangan karena dia seorang katolik dan ahli sejarah, gue langsung jiper gitu. nggak! gue nggak bakal puas dari jawaban skeptis seperti itu. gue harus mencari bukti yang sangat kuat, padat, terencana dan cihui. untuk itu saya browsing di google, sampai menemui orangnya langsung. inilah orang yang pertama gue temui:

dan gue terlibat percakapan dengan beliau:

——————–percakapan dimulai——————–

Maaf Om, apa Om ini Santa Claus?

Haa? Apa dek?

Iya Om kan Santa Claus yang suka ngasih hadiah ke anak-anak?

Iya tapi saya bukan Santa Claus! Beda orang dek! saya ini Sinterklaas!

Lho? Kan ciri-cirinya pas? Jenggotan, gemuk, pake baju merah, naek rusa?

Saya kan naek kuda! Lihat sendiri doong! Lagian saya nggak gendut kaya dia gitu! Huh!

Oh iya! Berarti beda orang dong?

Iyaa lah deek beda oraang. Kalo santa claus ngasih hadiah ke semua anak, kalo saya cuma ke anak yang baik-baik doang, hahaha.

wah ketawanya aja beda… Terus bedanya apa lagi Om?

saya dateng sama asisten saya, Piet Hitam nih namanya. dia yang masuk cerobong asep buat ngasih hadiah, makanya jadi Hitam.

Ohh jadi Om nggak masuk ke cerobong asap?

ya nggak laah, saya mana mau masuk situ. ntar saya jadi hitam lagi.

Oh ya Om tinggalnya dimana?

Kalo saya dek tinggalnya di spanyol, terus saya operasinya di belanda doang.

waaah keren, naek kuda kesini?

YAA ENGGAK LAH, NAEK KERETA. INI KUDA CUMA DI KASIH BOS!

yah jangan sewot dong Om. terus kenapa nggak naik pesawat aja? kan lebih cepet.

sponsornya kurang dek, tiap tahun cuma cukup buat naek kereta. udah gitu pulangnya juga naek bis.

ohh… gitu toh. yasuda saya pamit dulu Om. oh iya, saya boleh minta hadiahnya nggak Om? saya Pengen iPhone 3G nih!

ENAK AJA, KAMU KAN BANDEL, JADI NGGAK DI BOLEH DI KASIH HADIAH WEEK!!!

——————–percakapan berakhir——————–

okee sekarang saya nyari Santa Claus yang asli aaah. cari dulu ah…

wah ternyata orangnya disini (dimana ini?)

——————–percakapan dimulai——————–

Sore Om…

soreee, ada apa yah?

Om ini Santa Claus? atau Sinterklaas?

hmmm saya ini Santa Claus, hohohohoho.

Oh jadi ini Santa Claus, bedanya apa sih Om?

hohoho jangan panggil saya Om ah, berasa udah tua nih, hohohoh

oh iya deh, jadi bedanya apa, euhhh Mas?

hohohoho, kalo Santa Claus kayak saya ini datengnya dari Kutub Utara, naek rusa terbang hohoho

ohh jadi kalo Mas datengnya dari kutub utara, sendirian aja?

iyaa nih dek, kamu mau bantu saya? hohoho

ngg… nggak deh. makasih. terus saya bingung nih, Mas kaaan ehmm agak gemuk gitu, emang mas muat ya masuk cerobong asap?

yaaa nggak muat sih, tapi kan biasanya saya paksain masuk, kasian juga sih bapak2nya mesti manggil tukang habis malam natal, hohohoh

hahaha, jadi begitu toh. kalo di Indonesia, masuk lewat mana? kan orang Indonesia nggak punya cerobong asap.

hmmm kadang sih saya masuk lewat jendela. tapi akhir2 ini saya denger temen saya tuh, ada yang ketahuan lewat jendela, dikira maling loh! akhirnya dipukulin massa. kasian deh. jadi tahun ini saya lempar aja lewat jendela. bodo amat pecah kacanya yang penting saya selamat. hohohohoho.

hmmm oke deh, jadi begitu. ada lagi bedanya?

kalo saya agak buncit nih, terus ketawanya lebih seksi daripada Sinterklaas. hohohoho.

ahh kalo itu saya tahu Mas. okee… oh ya, kalo lagi waktu kosong ngapain aja nih?

biasanya saya mancing di pemancingan. atau paling nggak ngerental PS, main biliar sama chating di warnet. malem minggu biasanya nonton bioskop sama istri saya hohoho.

ohh… begitu. kayak saya juga nih, ahahaa makasih deh ya Om… eh Mas, atas waktunya. oh ya, saya boleh minta hadiahnya? saya kan anak Bandel, kalo sama Mas Santa Claus kan ngasih siapa saja. hehe, saya mau ini nih mas, Bass Fender warna putih atau kalo nggak iPhone 3G ya?

enak aja, KAMU KAN UDAH GEDE, BUKAN ANAK-ANAK LAGI!

Tapi kan saya belom tujuh belas tahun!

TAPI KAN KAMU UDAH PERNAH PACARAN!

——————–percakapan berakhir——————–

Kesimpulan:

Sinterklaas dan Santa Claus adalah orang yang berbeda. jadi untuk Michael Ayub Garuntolo, kali ini anda kalah! hahahaha! Mery Cristmas untuk loh deh!

and Mery Cristmas for you, the one that i love…

dan selamat natal untuk semua orang yang merayakannya!!! prikitiw!

7 comments

  1. Deer_Gazz · Desember 24, 2009

    Jah,,muke duren dasar…
    ada2x aja loe postingannya..

    • Ekky B. Pramana · Desember 24, 2009

      asik kaaan? sori2 bro bukan hendak menyinggung unsur SARA di postingan kali ini. cuma gue lagi iseng saja ini. haha

  2. evinno · Desember 25, 2009

    Om Dur..
    Ajarin gue nulis kocak dong.
    Heu…

    • Ekky B. Pramana · Desember 26, 2009

      heu, ini bukan nulis kocak, tapi menulis apa yang mau gue keluarin dari mulut, disalurkan ke blog ini. jadi ga ada unsur paksaan dari pihak manapun *lho

    • Ekky B. Pramana · Desember 26, 2009

      deh dia malah minta diajarin

  3. oyashio · Mei 15, 2010

    Okelah gue ngakak pagi2 br bgn tdr aaahahaha

  4. Coemi · Desember 25, 2010

    Gokil abis, ha ha

Tinggalkan Balasan

